buy levitra online

Konser Karawitan Muda Indonesia Bukti Nyata Cinta Budaya Indonesia

Konser Karawitan Muda Indonesia (KMI) yang ke-6 di Usmar Ismail Concert Hall, Jakarta Selatan

Konser Karawitan Muda Indonesia (KMI) yang ke-6 di Usmar Ismail Concert Hall, Jakarta Selatan

Rabu (21/11) Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selenggarakan Konser Karawitan Muda Indonesia (KMI) yang ke-6 di Usmar Ismail Concert Hall, Jakarta Selatan.

Sejak pukul 16.00 WIB, para penonton yang berasal dari berbagai kalangan, baik dari institusi pendidikan, umum, maupun tourist mancanegara mulai memadati bangku Usmar Ismail Concert Hall untuk menikmati sajian Konser Karawitan Muda Indonesia. Konser yang menghadirkan enam grup penampil tersebut berhasil meninggalkan decak kagum para penonton. Enam grup tersebut adalah Sanggar Kumala (Kalimantan Timur),  SMK N 2 Padang, SMK N 1 dan 2 Kasihan (Bantul, Yogyakarta), Yayasan Kesenian Batara Gowa (Sulawesi Selatan), Sanggar Tarawangsa Jatirahayu (Jawa Barat) serta Lembaga Kesenian Bali Sarawati.

“Yang menarik di sini, para pemain adalah anak muda berusia di bawah 25 tahun. Mereka memainkan komposisi musik yang asli tanpa adanya gitar maupun alat musik modern lainnya,” kata Edwin Leo M selaku wakil ketua penyelenggara ketika ditemui sebelum konser dimulai.

Tujuan awal diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk membangkitkan kembali musik karawitan Indonesia. Konser karawitan tersebut berhasil menunjukkan bahwa masih ada anak muda yang mau belajar karawitan.

“Konser ini sangat luar biasa, saya suka sekali,” ujar Sam seorang tourist asal Amerika.

“Konser ini bagus banget, sempat kepikiran buat belajar karawitan setelah nonton konser ini,” kata Lusti seorang mahasiswi Mercu Buana.

“Saya berharap anak muda Indonesia semakin aware pada tantangan-tantangan yang dihadapi musik karawitan saat ini, tidak salah jika kita ngefans pada musik modern. Intinya kita tetap menyukai mereka, namun tetap keep balance pengetahuan kita tentang musik karawitan Indonesia. jangan sampai kita kehilangan musik tradisional kita yang nantinya akan membuat kita menjadi generasi yang amnesia, buktikan bahwa kita anak muda Indonesia yang bangga akan budaya kita dan turut aktif melestarikannya,” timpal Edwin Leo M.

Kita harus menjadi generasi muda Indonesia yang membanggakan, Maju Terus Musik Karawitan Indonesia ! (Anggun/Brilian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>