buy levitra online

Siapa Sinterklas?

Sinterklas di perayaan Natal 2012

100 orang pengendara sepeda memakai kostum Sinterklas dan membagikan bingkisan kepada tukang becak dan gelandangan, di City of Tomorrow Surabaya (24/12). FOTO: ANTARA/Eric Ireng

Natal sejatinya merupakan hari besar keagamaan bagi umat Kristiani, namun euforianya dapat dirasakan oleh siapa saja di seluruh dunia. Salah satu euforia natal terwujud dalam figur pria gendut berjanggut putih nan tebal dengan pakaian merah bernama Sinterklas.

Sinterklas/Sinterklaas/Santa Claus adalah tokoh fiksi yang memiliki kebiasaan untuk memberikan hadiah pada saat malam natal kepada anak-anak yang berkelakuan baik pada sepanjang tahun tersebut. Dia bersama sembilan rusa kutubnya akan berkeliling di langit malam penuh bintang dan masuk lewat cerobong asap untuk memberikan hadiahnya. Ini adalah kisah yang paling umum kita dengar dari tokoh Sinterklas. Kisah dan tokoh Sinterklas ini sendiri merupakan penggabungan dari dongeng dan sejarah nyata.

Sejarah

Tokoh Sinterklas terinspirasi dari Saint Nicholas (270-6 Desember 343), Saint Nicholas merupakan seorang Uskup keturunan Yunani yang bertugas di Myra (sekarang merupakan bagian dari negara Turki). Pada saat itu Myra merupakan bagian dari kerajaan Romawi bagian Timur dimana masyarakatnya masih mayoritas beragama Kristen. Saint Nicholas merupakan seorang yang taat kepada agama dan memiliki reputasi untuk selalu berbagi kepada orang miskin, bahkan terkadang hal ini dilakukan secara diam-diam, misalnya dengan menyimpan uang di sepatu orang tersebut.

Asimilasi

Masuknya agama Kristen ke Eropa Barat (khususnya daerah di sekitaran Jerman) membuat kisah tentang tokoh-tokoh Kristen berasimilasi dengan budaya dan dongeng orang-orang lokal, termasuk kisah tentang Saint Nicholas. Kisah Saint Nicholas ini berasimilasi dengan kisah mistis tentang Odin yang memimpin arwah-arwah orang mati untuk naik ke langit dimana ketika ada orang yang menyambut dengan makanan bagi kuda tungganggannya, maka orang tersebut akan diberikan suatu hadiah khusus. Pada kisah ini, Odin digambarkan dengan seorang pria tua berbadan besar dengan janggut yang lebat. Dongeng ini membentuk perwujudan Sinterklas di masa sekarang dan kereta rusanya yang dapat berjalan di angkasa.

Pada perkembangan yang lebih lanjut, Kisah tentang Saint Nicholas juga semakin dikembangkan di Belanda. Di Belanda, Saint Nicholas dinamakan Sinterklaas yang kemudian mempengaruhi namanya dalam bahasa Indonesia. Di sini, Sinterklas digambarkan dengan pria tua berjanggut lebat berpakaian pakaian uskup dengan warna merah dan putih. Cerita yang unik adalah Sinterklas disini datang dari Spanyol dengan menggunakan perahu, dan cerita ini dijadikan suatu tradisi yang dilakukan setiap tahun sampai sekarang. Penampilan Sinterklaas dengan pakaian uskup merah putih di sini menginspirasi penampilan Sinterklas yang sering kita lihat di masa sekarang.

  

Masa Sekarang

Pada masa sekarang, Sinterklas sudah semakin berkurang atau bahkan tidak berhubungan dengan ritual keagamaan lagi, melainkan sudah menjadi budaya yang sifatnya lebih kekeluargaan dan universal. Hal ini dimulai dengan pembentukan ulang penampilan Sinterklas yang dimulai pada masa kolonisasi Inggris di benua Amerika. Bentuk perubahan tersebut misalnya perubahan nama Sinterklaas, menjadi Santa Claus, kereta kuda menjadi kereta rusa, Sinterklas yang awalnya digambarkan berbadan tinggi besar dijadikan menjadi pria dengan perut yang sangat buncit, dan Sinterklas yang awalnya berpakaian sangat Kristen dijadikan lebih universal dengan jaket merahnya yang lebih “fashionable.”

Pada akhirnya, segala perubahan tadi tetap tidak merubah esensi dasar dari “fenomena” Sinterklas, yaitu saling berbagi dan khusus bagi anak-anak, berbuat baik sepanjang tahun.

Selamat merayakan Natal dan euforianya bagi yang merayakannya!

Hohohoho!

 

(Abbram)

One Response to Siapa Sinterklas?

  1. Itop says:

    Coba ditelusur lagi nih sumbernya, valid apa ga? setau saya gereja Katolik Roma telah menyatakan ketidakabsahan Santo Nikolaus. :) Tks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>