buy levitra online

Jokowi ‘Nyalakan Listrik’ Ibukota

Earth Hour – Taman Proklamasi, Jakarta

Jakarta – Malam puncak kampanye Earth Hour (EH) di Taman Proklamator, Sabtu (23/3) lalu kian lengkap dengan hadirnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

 

Acara yang bertemakan “100 Persen Indonesia” ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menunjukkan aksi pedulinya terhadap bumi kita tercinta. Indonesia selama lima tahun terakhir rutin melaksanakan kampanye Earth Hour, dan tahun ini diharapkan Earth Hour tak hanya berhenti pada kegiatan kampanye, namun ada kelanjutan aksi. Hal ini disetujui pula oleh Jokowi yang menyempatkan diri untuk hadir langsung. “Ini sebuah proses yang sedang berlangsung dari tahun ke tahun. Saya rasa kita semua harus memulai. Pembangunan-pembangunan di Jakarta juga akan kita arahkan ke green building maupun eco-building,” tutur orang nomor satu di DKI Jakarta ini. Beliau juga menambahkan, “Penghematan energi harus diterapkan di segala bidang.”

Meski gerimis sempat turun, hal itu ternyata tak membawa dampak besar pada acara utama EH yaitu memadamkan seluruh lampu dan peralatan listrik lainnya yang tak dibutuhkan selama satu jam, dimulai dari pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. Pengunjung yang mayoritas anak-anak muda, tetap memadati area Taman Proklamator selama switch off berlangsung dengan hanya diterangi nyala lilin yang dibagikan sebelum switch off dimulai.

Berbagai pertunjukan disiapkan untuk menghibur pengunjung selama 60 menit pemadaman berlangsung. Mulai dari musik perkusi, aksi tiup api hingga tari-tarian. Stage diisi oleh penampilan beberapa grup musik dari komunitas-komunitas yang mendukung gerakan EH. Artis kenamaan seperti Nugie pun turut memeriahkan suasana dengan mengajak pengunjung bernostalgia pada masa kanak-kanaknya. Ia membawakan berbagai lagu anak-anak dan mengemasnya dengan unik. Selain Nugie, beberapa selebritis Indonesia seperti Alexandra Gottardo, Davina, dan Jamaica Café juga ikut meramaikan Earth Hour. Tak hanya sampai di situ, bahkan para pengunjung sendiri bergabung dengan beberapa volunteer membentuk barisan panjang. Mereka kemudian berjalan mengelilingi area taman sambil meneriakkan tagline Earth Hour, ‘Ini aksiku, mana aksimu?!’

Earth Hour itu luar biasa, apalagi waktu ngumpul buat switch off, kerasa banget kebersamaannya. Kita ngumpul, mengisi waktu bareng sambil bawa lilin, nyanyi bareng,” ungkap Fuaidah Hanani, salah satu pengunjung Kampanye EH di Taman Proklamator, Sabtu (23/3). “Walau gelap-gelapan, tapi keren deh. Kegiatan ini juga bermanfaat banget untuk penghematan energi. Semoga sih kedepannya bisa ditingkatkan lagi, mungkin satu bulan sekali gitu,” tambahnya lagi.

Di penghujung acara, secara simbolis Gubernur DKI Jakarta Jokowi menyalakan listrik ibukota. Dengan diakhirinya switch off, menandai berakhirnya pula rangkaian kegiatan Earth Hour malam itu. Diharapkan aksi penghematan energi tak hanya berlangsung saat acara kampanye saja, namun untuk aksi yang berkelanjutan. (Adinda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>