buy levitra online

Agribussiness Enterpreneur, Langkah Awal Indonesia Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC)

Kuliah Umum Kewirausahaan (KADIN)

Jakarta – Kamis (28/03) Universitas Bakrie mengadakan kuliah umum kewirausahaan dengan tema “From Campus to be Agribussiness Enterpreneur”. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk program kerjasama Universitas Bakrie dengan KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) untuk mendukung gerakan peningkatan kewirausahaan di Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung di ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie dihadiri oleh pihak rektor, dosen, dan juga mahasiswa dari berbagai jurusan. Kuliah umum kewirausahaan yang berlangsung dari pukul 10.00 ini dibuka dengan sambutan dari Sarman Simanjorang, Msi sebagai perwakilan dari KADIN DKI Jakarta dan juga Rektor Universitas Bakrie Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D.

“Indonesia sangat membutuhkan kehadiran pengusaha-pengusaha muda khususnya dalam bidang agribisnis mengingat pada tahun 2015, Indonesia akan memasuki era ASEAN Economic Community (AEC),” ujar Bapak Sarman Simanjorang, Msi dalam sambutannya.

 

Kuliah umum kali ini berlangsung dalam tiga sesi dengan pembicara yang berbeda-beda. Sesi pertama diawali oleh bapak Adhi S. Lukman yang mengangkat pembicaraan mengenai “persiapan menjadi wirausaha yang professional.” Bapak Adhi mengatakan bahwa untuk menjadi seorang enterpreneur yang sukses, seseorang perlu membuat perencanaan, berani memutuskan, dan berani memulai.

 

Pembicara kedua adalah President dari usaha kripik Maicih, Reza Nurhilman. Beliau mengangkat pembicaraan dengan tema “Berbagi pengalaman menjadi wirausaha sukses.” Para peserta kuliah umum terlihat semakin antusias karena mendapatkan ilmu langsung dari pengusaha yang produknya cukup mendulang kesuksesan. Beliau menceritakan secara langsung pengalaman yang telah ia alami menjadi seorang pengusaha khususnya di bidang pangan.

 

Kegiatan kuliah umum ini kemudian ditutup oleh Ali Duppa yang memberikan materi mengenai “Potensi usaha dan kiat sukses menjadi pengusaha di bidang peternakan.” Dalam rangkaian kuliah umum ini, diutamakan pemberian materi bagaimana menjadi seorang pengusaha khususnya dalam agribisnis.

 

Dengan diadakannya kuliah umum kewirausahaan ini, diharapkan dapat memotivasi para peserta khususnya mahasiswa untuk mulai melakukan pergerakan di bidang kewirausahaan agribisnis. Mahasiswa harus siap untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan langkah awal menjadi seorang entepreneur. Mengutip kata-kata dari pembicara, untuk apa menjadi mahasiswa jika tidak bisa membangun bangsanya. (Tami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>