buy levitra online

Ngobrolin Ide Volume 3: Sinergi Water Resources dan Motion Picture

Suasana Pada Salah Satu Table Diskusi di Ngobrolin Ide Vol.3

Jakarta, 30 Maret 2013 – Ngobrolin Ide Volume 3, sebuah acara diskusi publik yang digagas oleh Sinergi Muda diselenggarakan pada pukul 13.00 – 18.00 wib di Kedai Lentera, Pasar Minggu, Jakarta. Acara yang mengusung tema “Water Resources & Motion Picture” ini menjadi pengingat Hari Air Internasional (22 Maret) dan Hari Perfilman Nasional (30 Maret).

“Bukan air yang langka, tetapi air bersih! Air yang layak yang dapat dimanfaatkan oleh manusia hanya 2,5% dan kurang dari 1% dari jumlah tersebut yang dapat dikonsumsi manusia,” papar Katherina Liandy, ketua umum Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Pusat pada penyampaian materi pertama dalam kegiatan diskusi publik Ngobrolin Ide Volume 3.

Dibandingkan dengan Ngobrolin Ide sebelum – sebelumnya, Ngobrolin Ide Volume 3 kali ini hadir dengan konsep baru, yaitu konsep “Open Space Technology”. Konsep tersebut diangkat dengan harapan mampu sebagai fasilitator peserta untuk mengemukakan semua ide – ide mereka. Peserta Ngobrolin Ide adalah anak muda yang berusia antara 17 hingga 25 tahun.

Setelah penyampaian materi mengenai isu air oleh Katherina Liandy, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua mengenai film dan kaitannya dengan air oleh Nurmanjaya, seorang Executive Producer dari Eyescream Production. Nurmanjaya menjelaskan tentang bagaimana melalui medium audio visual menyadarkan masyarakat tentang permasalahan sumber daya air bersih.

Sesi open space dimulai setelah penyampaian kedua materi tersebut selesai. Pertama, para peserta menuliskan masalah atau ide mereka tentang air dan film pada selembar kertas yang disediakan. Ide – ide yang terkumpul, diseleksi dan dibuat menjadi beberapa topik diskusi. Diskusi kemudian dibagi menjadi dua sesi. Mereka yang idenya dijadikan topik diskusi, harus bersedia menjadi owner meeting. Peserta yang lain bebas memilih topik diskusi yang ingin diikuti.

Puluhan peserta yang hadir begitu antusias. Mereka saling berdiskusi santai dan mengungkapkan semua ide atau solusi yang terdapat di kepala mereka.

“Harapan kami setelah ini adalah kalian mampu mewujudkan ide – ide kalian. Tidak hanya berhenti di sini,” ungkap Gilang, Program Manager Sinergi Muda.

Acara ditutup dengan summarized idea (closing circle), dimana para owner meeting menyampaikan hasil yang telah didiskusikan dihadapan para peserta lain.

“Acara kayak gini keren banget! Hal-hal seperti ini bakal berguna banget buat kalian, anak muda. Kalian diajarkan berbicara, bernegosiasi dan tentunya network yang semakin luas,” ungkap Nurmanjaya disela-sela closing circle.

“Pokoknya event ini harus berlanjut terus. Excellent banget buat panitianya,” kata Nabila, siswa SMA Tangerang Selatan 2 setelah acara selesai.(Brilian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>