buy levitra online

Mengenal Sistem Operasi Smartphone Lebih Dekat di The Wizard of OS

Suasana Saat Demo Nokia Lumia 920 oleh tim Majalah CHIP dalam Forum Diskusi 2 The Wizard of OS

Departemen Humas Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTIF) Universitas Bakrie mengadakan Forum Diskusi 2 di Ruang 9. Forum Diskusi yang bertajuk The Wizard of OS ini menghadirkan presentasi dan diskusi mengenai empat sistem operasi pada telepon genggam yang sedang hits saat ini yaitu iOS, Android, Windows Phone, dan BlackBerry. Dalam kesempatan kali ini, Majalah CHIP menjadi narasumber dari presentasi pada The Wizard of OS.

Peserta yang hadir dalam Forum Diskusi ini diminta untuk memilih satu dari empat sistem operasi yang mereka pakai. Mereka kemudian dikelompokkan berdasarkan sistem operasi yang telah mereka pilih, dan akan berdiskusi pada akhir sesi.

Forum Diskusi dibuka dengan pemberian materi mengenai pengenalan terhadap perbedaan dari featured phone dan smartphone. Pada sesi pertama, dilakukan presentasi mengenai perbandingan antara sistem operasi iOS dengan Android oleh Indra, webmaster dari Majalah CHIP. Peserta diajak untuk mengenal lebih lanjut mengenai kekurangan dan kelebihan dari kedua sistem operasi tersebut. Sesi kedua berisikan presentasi mengenai perbandingan antara sistem operasi Windows Phone dan BlackBerry oleh Romi Hidayat, Test Center Coordinator dari Majalah CHIP.  Acara kemudian dilanjutkan dengan demo produk Nokia Lumia 920 dan sesi Tanya jawab.

Setelah sesi Tanya jawab, diskusi antar kelompok sistem operasi dimulai. Topik yang diberikan adalah bagaimana jika Universitas Bakrie akan didukung oleh salah satu teknologi sistem operasi untuk mahasiswa dan mahasiswa diminta untuk memilih salah satu dari empat sistem operasi yang sudah dibahas. Tiap kelompok sistem operasi membela sistem operasi mereka dan mencoba untuk berargumentasi dengan menjelaskan keunggulan-keunggulan fitur dari sistem operasi tersebut untuk mahasiswa.

Menurut Atikah Chairunnisa, Ketua Pelaksana Forum Diskusi 2 The Wizard of OS, acara ini bertujuan agar mahasiswa lebih cermat dalam memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka. “Itu juga alasan kami memilih tema The Wizard of OS, agar mahasiswa dari program studi lain paham dengan perbedaan berbagai sistem operasi pada smartphone,” ujarnya saat diwawancarai tim RITMA.

Peserta forum diskusi ini juga merasakan manfaat dari acara ini. “Setelah mengikuti acara ini, saya lebih tahu dengan perbedaan-perbedaan dan keunggulan dari setiap sistem operasi yang ada pada smartphone,” ujar Nur Ikhsan, mahasiswa Teknik Informatika yang juga menjadi peserta dalam acara ini. “Belum tentu semua mahasiswa teknik informatika paham dengan perbedaan setiap sistem operasi, jadi acara ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa Universitas Bakrie,” terangnya. (Inez/Fauziah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>