buy levitra online

Bersatu dengan Surya Kencana, Gunung Gede

Sang surya kian menampakkan wujudnya yang agung. Desir angin sejuk berlari-lari di atas savana yang luas membentang dalam pandangan kami. Tebing-tebing curam terlihat mengelilingi lembah savana yang elok, seakan seperti tembok-tembok raksasa mengelilingi kerajaan di masa lampau. Hutan-hutan nan lebat ikut menghias tebing-tebing yang terlihat berbatu dan terjal menjorok vertikal. Nyanyian alam berpadu dengan kicauan burung-burung kecil terdengar syahdu, menghipnotis alat indra pendengarang kami. Kabut tipis turun pelan-pelan di lembah hijau keemas-emasan yang membuat pandangan kami sedikit kabur. Belaian angin yang dingin dan gemerciknya mata air, serta indahnya Edelweis menyapa kami di suatu pagi di Lembah Surya Kencana.

Lembah Surya Kencana, Gunung Gede.

Lembah Surya Kencana, Gunung Gede.

Lembah Surya Kencana adalah lembah yang terdapat di Gunung Gede, sekitar setengah jam sebelum puncak tertingginya. Lembah Surya Kencana berupa bentangan savana yang sangat luas mendatar seperti bandar udara dan dikelilingi bukit-bukit kecil serta terdapat banyak edelweis di bagian pinggirnya. Lembah Surya Kencana terletak di ketinggian sekitar 2.800 meter di atas permukaan laut dan sering digunakan oleh para pendaki sebagai camp terakhir sebelum menuju puncak Gunung Gede. Suhu rata-rata di Surya Kencana mencapai lima hingga sepuluh derajat celcius.

Lembah Surya Kencana terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai Surya Kencana membutuhkan waktu sekitar delapan hingga dua belas jam. Ada kurang lebih tiga jalur pendakian menuju Surya Kencana, diantaranya Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana. Namun para pendaki biasanya menggunakan jalur Gunung Putri dan Cibodas, karena jalur Salabintana selain treknya terjal juga banyak terdapat hewan penghisap darah, yaitu pacet.

Kala itu kami sampai di Surya Kencana sekitar pukul 16.00 WIB lalu kami langsung mendirikan tenda untuk camp sebelum menuju puncak Gunung Gede. Puncak Gunung Gede memiliki ketinggian 2.955 meter di atas permukaan laut, kami membutuhkan waktu sekitar setengah jam dari camp di Surya Kencana. Untuk dapat melihat keindahan sunrise di atas puncak, kami yang terdiri dari tujuh anggota tim, melakukan pendakian pukul 04.00 WIB. Sekitar setengah jam, kami sampai di puncak tertinggi Gunung Gede. Sambil menunggu datangnya sunrise, kami berjalan-jalan di area puncak dan memandangi lampu-lampu kota yang gemerlap indah dari ketinggian. Selain itu kami juga memasak air untuk membuat teh atau wedang jahe agar tubuh kami tidak kedinginan. Suhu di area puncak dapat mencapai lima derajat celcius, hampir mendekati titik beku.

Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya sunrise pun tiba. Kami terpaku melihat keindahan sunrise serta bentangan awan yang amat jelas di hadapan kami. Kami tidak hentinya mengucapkan syukur atas karunia Tuhan yang amat berguna bagi kehidupan manusia. Momen indah itu kami manfaatkan untuk berfoto-foto dan berjalan-jalan mengitari area puncak untuk mencari kehangatan cahaya matahari yang kian muncul. Setelah puas dengan aktivitas yang kami lakukan di puncak, kami akhirnya turun menuju camp kami di Surya Kencana.

Setibanya di camp, kami langsung memasak untuk sarapan pagi, dilanjutkan dengan packing semua peralatan yang kami bawa dan langsung melakukan perjalanan untuk pulang. Kami membutuhkan waktu sekitar enam jam menuruni liku gunung yang terjal hingga sampai di basecamp jalur pendakian Gunung Putri. Setelah dilakukan pengecekan oleh Dinas Perhutan, kami beristirahat sejenak dan kami bergegas mencari angkutan pulang menuju Jakarta. (Hart)

Editor: Nelly H.R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>