buy levitra online

Sakit Maag, Bukan Kendala Puasa

cewek-sakit-maagMenjalankan puasa selama kurang lebih 14 jam selalu dihadapkan pada beragam kendala. Terutama bagi para penderita maag. Lambung yang kosong sejak sahur hingga berbuka membuat penderita maag menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Seperti yang dialami oleh mahasiswi salah satu universitas di Jakarta, Rossy (20). Sebagai salah satu penderita maag sejak SD, ia sering merasa perih di perut yang menghambat aktivitasnya. Ia biasanya menanggulanginya dengan mengonsumsi obat maag saat sahur dan berbuka.

“Dulu sih pernah hampir batal puasanya, saking sakitnya sampai guling-gulingan dikasur, tapi kalo udah minum obat pas sahur biasanya gak kambuh, yakin aja sih dibiasain lama-lama juga gak terasa sakitnya,” ujarnya.

Meski demikian, terdapat fakta baru yaitu berpuasa ternyata dapat menyembuhkan penyakit maag. Seperti dilansir republika.co.id, puasa justru akan menyehatkan lambung dan menyembuhkan bagi penderita sakit maag. Hal ini diungkapkan oleh ahli gastroenterology Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Ari Fahrial Syam. Selain itu, ia menyebutkan bahwa berdasarkan penelitian di Paris, dari 13 sukarelawan yang melaksanakan puasa ramadhan, akan terjadi peningkatan pepsin dan asam lambung, juga peningkatan kadar gastrin.

“Namun akan kembali normal seperti orang sehat setelah selesai berpuasa,” ujarnya.

Menderita maag tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak berpuasa atau bermalas-malasan ketika berpuasa. Seorang penderita maag diperbolehkan berpuasa dengan catatan harus mengetahui seberapa parah kondisi penyakit maag yang diderita. Dengan mengetahui kondisi penyakitnya maka akan lebih mudah dalam mengatur pola makan ketika berpuasa. Karena pengaturan makan yang baik selama berpuasa akan memperbaiki dan menyembuhkan penyakit maag.

Oleh karena itu, bagi penderita maag, ketika berpuasa harus memerhatikan asupan makanan yang mereka konsumsi saat sahur dan berbuka. Misalnya dengan menghindari makanan yang memicu gas lambung seperti kol, makanan pedas dan berlemak, serta minuman bersoda. Jadi, dengan memerhatikan hal-hal tersebut, penderita maag tidak perlu takut berpuasa karena akan tetap bisa berpuasa dengan nyaman dan lancar. (Verro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>