buy levitra online

Alifia Firliani, Debater Handal Universitas Bakrie

Alifia Firliani

alifia firliani, copyright @ facebook.com/alifia.firliani

 

Tak asing lagi di telinga para civitas Universitas Bakrie, mahasiswa  yang satu ini memang handal di ajang debat, dialah Alifia Firliani (Ilkom 2010). Kemampuan Alifia yang akrab dipanggil Fia dalam berbicara Bahasa Inggris membawanya terjun menjadi salah satu debater andalan Universitas Bakrie. President of English Community Universitas Bakrie ini mengaku, ia terjun ke dunia debat sejak tahun 2010, ketika awal ia menjadi mahasiswa.

Fia mengaku bakat untuk menjadi seorang debater yang ia miliki adalah nurture. “The friends for life, and the study on debating kaya structurizing thinking, logical thinking, and etc that you never get anywhere else, also it teaches you to think fast, forces you to read and membangun mental baja, latihan aja bisa sampe jam satu malam dan belum lagi coach sering marah marah,”  kata Fia ketika ditanyakan tentang motivasi ia untuk terus berjuang di dunia debat.

Debutnya pertama kali di dunia debat diawali pada Newbies Competition tahun 2010 di Universitas Indonesia. “Haha, ngerasa kecil banget dan bener-bener pasrah aja, dan kalah emang. Sejak saat itu sempet jadi putus asa dan liat newbie universitas lain udah canggih – canggih langsung ngerasa gak fit aja untuk jadi debater,” jawab Fia sembari tertawa ketika mengingat pengalaman pertamanya saat terjun ke dunia debat.

Kalo jadi finalis sekitar lima kali, champion satu kali, banyak deh. Ntar kirim CV aja ya, hihi,” canda Fia saat ditanyakan tentang berapa banyak prestasinya di dunia debat. Begitu banyak pengalaman yang Fia alami selama menjadi debater. Baginya, penagalaman yang paling berkesan adalah saat ia bisa ke China karena debat, karena sejak dahulu Fia sangat mendambakan untuk menginjakkan kaki di negeri tirai bambu tersebut. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk Fia untuk dapat pergi ke sana dengan jalur menjadi debater.

Untuk menjadi debater yang handal, Fia memberikan beberapa tips and tricks seperti komitmen, kerja keras, dan jangan pernah malu untuk salah. Dukungan dari teman-teman, coach¸dan seluruh anggota EDS (English Debating Society) Universitas Bakrie-lah yang membuat Fia sampai saat ini bertahan menjadi andalan. Ketika ditanyakan soal pesan dan kesan untuk seluruh mahasiswa Universitas Bakrie, Fia menjawab “Pokoknya konsisten sama tujuan awal dan harus passionate dulu sama area yang kita fokusin.” (Hanny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>