buy levitra online

Rimba Abadi, Gunung Kencana

Gunung Kencana, Cisarua, Bogor.

Gunung Kencana, Cisarua, Bogor.

Hembusan angin sejuk kian membelai tubuh. Butiran embun terlihat berterbangan di atas rimba raya. Kabut tipis pelan-pelan terlihat menaungi kemegahan puncak rimba belantara. Kicauan burung-burung yang indah memecah keheningan di suatu pagi di rimba Gunung Kencana.

Gunung Kencana adalah gunung yang terletak di Kabupaten Bogor, tepatnya di Kecamatan Cisarua dan termasuk gunung hutan hujan tropis yang  memiliki ketinggian 2.182 meter di atas permukaan laut. Hutan Gunung Kencana sangat rapat, hingga cahaya matahari sulit untuk menembus ke bagian dalam hutan, sehingga satwa liar pun sering kita dengar keberadaannya. Gunung Kencana biasa digunakan untuk pendidikan dasar kepecinta alaman oleh para Mapala (Mahasiswa pecinta alam) atau bahkan untuk latihan para TNI Angkatan Darat. Oleh karena itu banyak terdapat jalur-jalur menuju puncak Gunung Kencana yang dapat membingungkan para pendaki.

Pendakian Gunung Kencana dapat dimulai dari desa Cikoneng atau lewat perkebunan teh Ciliwung yang terdapat di pinggir Jalan Raya Puncak, sebelum rumah makan Rindu Alam. Pendakian menuju puncak memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Kondisi hutan yang masih alami membuat pendakaian terasa sangat nikmat, karena pasokan oksigen sangat banyak dari pohon-pohon besar disekeliling jalur pendakian. Puncak Gunung kencana ditandai dengan papan bertuliskan “Kencana, Bukos 2.182 m.dpl” yang dipasang di atas pohon berukuran sedang di area puncak. Dari puncak kita dapat melihat kemegahan Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Salak, serta gemerlapnya Kota Bogor.

Sungguh betapa indahnya tanah air kita, tanah tempat ibu pertiwi lahir, tanah tempat kita bersujud di hadapan Tuhan YME. (Hart)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>