buy levitra online

Apa sih Bedanya Ujian di SMA dan Perguruan Tinggi?

Perkuliahan semester ini sudah berjalan beberapa minggu dan tidak terasa kalau Ujian Tengah Semester (UTS) sudah semakin dekat, apalagi UTS nanti akan jadi pengalaman pertama bagi para mahasiswa baru (maba). Bagi kalian yang menjalani perkuliahan tahun pertama pasti bertanya-tanya “ Kayak apa ya nanti ujiannya?” “Sama gak ya kayak pas SMA?”

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Tim RITMA punya cerita dari beberapa mahasiswa senior mengenai pengalaman-pengalaman mereka dalam menghadapi ujian. Ujian di tingkat perguruan tinggi agak berbeda dengan ujian di SMA karena ujiannya tidak lagi pilihan ganda, melainkan esai.

Salah satu mahasiswi yang mau berbagi ceritanya yaitu Pera Malinda, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, angkatan 2011. Ia mengungkapkan kalau ujian saat SMA bersifat pilihan ganda, sedangkan saat kuliah esai. jadi ketika belajar harus menghafalkan materi dengan baik.

“Kalo kuliah mostly esai jadi harus pintar analisa dan gak bisa nebak-nebak buah manggis,” ujarnya.

Saat menghadapi ujian pertama kali ia belajar dengan sungguh-sungguh dan mempersiapkan diri dengan baik. Ketika belajar untuk ujian, ia menuliskan seluruh materi kemudian menghafalkan materi sebanyak tiga kali dalam sehari.

“Besoknya pas mau ujian bangun pagi terus baca materi sampai hafal titik koma,” ujarnya

Mahasiswa lainnya, Rifki Arif, jurusan Manajemen, angkatan 2011 mengungkapkan hal serupa. Ketika menghadapi ujian pertama kali saat kuliah membuatnya gugup dan mempersiapkan diri dengan baik.

“Kalo SMA ujiannya teori banget , sedangkan di kuliah lebih banyak pemahaman. Bahkan ujian yang pakai teori biasanya open book. Jadi lebih enakan ujian pas kuliah sih,” ujarnya

Meski demikian, ia tetap mempersiapkan diri mati-matian untuk menghadapi ujian pertamanya saat kuliah. Namun seiring berjalannya waktu ia tak lagi merasa gugup ketika menghadapi ujian.

“Makin dijalanin, makin ngerti sama sistemnya, jadi makin lama makin santai bawaannya,” ujarnya

Karena sistem ujiannya berbeda dengan SMA maka kita harus bisa menyesuaikan diri dengan sitem ujian yang ada. Seperti yang sudah diungkapkan oleh mereka berdua mengenai betapa pentingnya mempersiapkan diri saat ujian, kami punya beberapa tips nih untuk kalian:

  1. Jangan malas mencatat. Dengan catatan yang kita punya, kita tidak mulai dari nol lagi belajarnya. Namun jika belum paham materi, sebaiknya kita bertanya ke teman atau mencari di internet karena penjelasannya lebih sederhana dan berguna untuk memahami materi.
  2. Usahakan untuk tidak belajar SKS atau sistem kebut semalam. Belajar dari jauh-jauh hari supaya bisa memahami materi dengan baik, karena soal UTS yang diberikan berbentuk esai dan tidak seperti SMA yang tipe soalnya pilihan ganda  dan bisa ditebak-tebak jawabannya.
  3. Cari tau kisi-kisi dengan bertanya ke dosen atau teman-teman dari kelas lain. Kalian bisa belajar dari kisi-kisi itu.
  4. Belajar bersama atau ikut tutorial. Di Universitas Bakrie ada tutorial yang disediakan oleh Himpunan. Kalian akan diajari oleh tutor dan juga bisa saling sharing dengan teman yang lain.
  5. Kalian juga bisa beli soal-soal ujian sebelumnya di bank soal yang di sediakan oleh Himpunan. Dari soal-soal itu kalian bisa belajar sekaligus membayangkan kira-kira seperti apa soal yang nanti akan keluar.
  6. Menjaga kesehatan. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi kalau kita sakit dan terpaksa tidak bisa mengikuti ujian, kita harus melakukan ujian susulan yang mekanismenya tidak sederhana.
  7. Berdoa. Kalau sudah belajar dengan baik, menjaga kondisi kesehatan, hal lain yang dilakukan adalah berdoa pada Tuhan agar hasil yang didapat akan memuaskan.

Jadi sebetulnya kita hanya perlu mempersiapkan diri dengan baik agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan mendapat hasil maksimal. Sudah siap kah kalian mengahadapi UTS nanti? Selamat Berjuang! (Verro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>