buy levitra online

OCD : Tubuh Bugar tetapi Tidak Sehat, Benarkah?

downloadHidup sehat dan memiliki bentuk badan yang ideal merupakan impian semua orang. Belakangan ini, di kalangan masyarakat tengah marak salah satu metode diet yang dikenal dengan sebutan OCD (Obsessive Corbuzier Diet). OCD ini diminati oleh semua kalangan baik remaja maupun dewasa. Sekedar mengingatkan untuk beberapa orang yang tidak terlalu mengetahui metode ini. OCD memiliki aturan yaitu berolahraga, tidak sarapan, dan yang kontroversial puasa (16 jam, 18 jam, 20 jam hingga 24 jam). Namun, jika dipelajari secara lebih dalam ada beberapa aturan ini yang sedikit menyimpang dari aturan hidup sehat pada umumnya.

Jika diingat-ingat lagi sejak kecil kita selalu diingatkan untuk menyempatkan sarapan di pagi hari. Hal ini penting untuk menjadi sumber energi dan dapat berkonsentrasi. Menurut pakar gaya hidup sehat, dr. Phaidon L. Toruan, mengungkapkan ketika sarapan makan sehat, tentunya tidak akan mengantuk. Akan tetapi bila mengkonsumsi makanan kurang sehat, sangat bisa mengantuk. Beliau juga menambahkan ketika memilih untuk tidak sarapan memang tidak membuat mengantuk, karena gula darah bisa saja stabil. Tetapi, akan menyebabkan relatif kurang berenergi dan kurang sehat bila dibandingkan dengan pola makan sehat. Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tubuh akan lebih sehat dan berenergi ketika kita sarapan terlebih dahulu. Tetapi, harus memilih sarapan yang sehat dan tidak digoreng.

Aturan yang diterapkan dalam metode OCD ini juga menimbulkan pertanyaan ketika dilakukan oleh penderita maag. Jika penderita maag tidak sarapan ada kemungkinan dapat menyebabkan nyeri lambung yang berkelanjutan. Berikutnya, aturan yang memperbolehkan makan apa saja. Phaidon berpendapat bahwa melakukan hal tersebut  dapat melukai tubuh jika memilih menu yang tidak sehat. Gula dan gorengan mudah menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Selanjutnya, tetap berolahraga meskipun saat berpuasa. Hal ini baik dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa. Akan tetapi, perlu berhati-hati dengan risiko gula darah turun drastis sehingga dapat menyebabkan pingsan.

Phaidon juga menambahkan diet dengan OCD tidak untuk orientasi sehat tetapi lebih kepada membuat tubuh lebih bugar ketika berat badan berkurang. Akan tetapi,  jika sebagian besar orang memilih untuk menerapkan metode diet ini tentu boleh saja karena hal ini kembali lagi pada keinginan orangnya masing-masing. Namun, bagi yang berbadan kurus, anak kecil, wanita hamil, dan lansia tidak dianjurkan untuk menggunakan metode ini karena membutuhkan asupan nutrisi yang kontinu dan tidak bisa ditunda.

Untuk memiliki tubuh yang ideal dapat dilakukan berbagai cara, tetapi kesehatan tubuh sendiri menjadi prioritas utama yang harus dipikirkan. Jangan sampai cara untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat itu justru menjadi boomerang bagi kesehatan diri kita. Yuk hidup sehat dengan benar! (Tami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>