buy levitra online

Pesona Mistis Pantai Selok, Cilacap

Pantai Cilacap yang mistis nan indah.

Pantai Selok, Cilacap yang mistis nan indah.

Pulau Nusakambangan. Nama Cilacap lebih identik dengan nama pulau kecil, yang menjadi penjara bagi narapidana kelas kakap. Padahal Cilacap yang merupakan salah satu kabupaten terluas di Jawa Tengah, tentu memiliki banyak hal menarik, selain Nusakambangan. Dan tempat itu adalah Gunung Selok, yang merupakan kawasan perbukitan dan hutan seluas lebih dari 100 hektar.

Pantai selok adalah tempat lain di kabupaten Cilacap, yang terletak di kecamatan Adipala, kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pantai selok masih terjaga kebersihannya, udara masih terasa segar,  keelokan Gunung Selok, keindahan Laut Jawa, serta hamparan Pantai Selok yang indah siap mencuci mata pengunjungnya. Pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, langsung terasa suasana sejuk, hembusan angin yang sedikit kencang dan matahari yamg masih terik tidak terasa panas dan kering karena banyaknya pohon di sekitar pantai. Selama perjalanan masuk menuju bibir pantai, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah, hamparan sawah yang menguning, bukit yang menjulang, serta jajaran pohon pinus yang bergoyang.
Pantai Selok mempunyai ombak yang besar, namun pantainya cukup landai. Suasananya sangat tenang dan tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Tidak terlalu banyak keistimewaan dari pantai ini, tapi pemandangan di sekitarnya sungguh indah. Saya selalu menahan nafas setiap kali memandang bukit hijau yang memagari pantai ini.
Pemandangan berubah ketika kita memasuki kawasan perbukitan. Sembilan gua yang letaknya memutari kawasan perbukitan, menggantikan keindahan alam dengan suasana mistis yang kental. Banyak orang mengkeramatkan gua ini. Tidak sedikit orang yang datang berziarah, untuk mencari berkah dan keselamatan. Peziarah yang datang bahkan berasal dari luar Cilacap. Dan diantara mereka, tidak sedikit pula yang berlatarbelakang pendidikan tinggi serta menduduki posisi penting dalam pemerintahan. Untuk mencapai gua di Gunung Selok ini, kita tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor. Selain sungai dan rawa, sempitnya jalan juga mengharuskan kita berjalan kaki untuk sampai ke lokasi ini. Gua ini bernama Naga Raja, salah satu gua yang dikeramatkan. Gua ini terbentuk secara alamiah. Panjangnya lebih dari 200 meter dan makin jauh kedalam semakin sempit sehingga sulit dijangkau. Selain itu, gua ini juga bercabang dan bisa menyesatkan mereka yang baru pertama kali datang. Oleh karena itu, tidak sembarangan orang yang dapat memasuki gua ini. Sudah sejak lama, Gunung Selok dijadikan kawasan misteri yang mengundang siapa saja untuk mencari kebahagiaan dan ketenangan hidup.
Mistis dan indah, semoga akan tetap seperti ini sampai kapan pun.
Anggun Putri Pratiwi
Accounting, Universitas Bakrie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>