buy levitra online

@america Selenggarakan Talkshow ASEAN Economic Community 2014

 

Rabu, 26 November lalu, @america menyelenggarakan talkshow ASEAN Economic Community (AEC) di Pacific Place, Jakarta Selatan. Talkshow ini membahas tentang “is ASEAN ready for the ASEAN Economic Community?”. Narasumber yang diundang diantaranya Pradumna B. Rana, Satish Mishra, Derry Habir,dan Vikrm Nehru.

Seperti diketahui, ASEAN Economic Community sangat penting untuk pengembangan ekonomi, tidak hanya untuk Indonesia,tetapi juga seluruh negara di ASEAN. AEC pun didirikan untuk membantu Indonesia dan negara ASEAN lainnya untuk siap menghadapi ekonomi pasar bebas. Ada dua faktor utama dalam AEC, yaitu sektor servis dan fasilitas perdagangan.

Salah satu narasumber pun mengungkapkan pandangannya. “Menurut saya Indonesia belum siap dalam menghadapi ekonomi pasar bebas,”  ujar Derry Habir.

Narasumber lainnya, Pradumna B. Rana, pun menambahkan, sumber daya manusia Indonesia dapat berkembang lebih baik. Namun, Indonesia juga perlu meningkatkan  pertumbuhan domestik.

Pertanyaan menarik muncul dari salah satu mahasiswa. Dia menanyakan apa kontribusi yang dapat dilakukan pelajar dalam AEC. Pradumna pun menjawab, hal pertaman yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melihat bahwa AEC merupakan sebuahkesempatan.Dia pun mengatakan, mahasiswa akan mempunyai kompetisi yang cukup berat saat mencari pekerjaan nanti. Hal tersebut disebabkan oleh persaingan yang semakin luas akibat dari ekonomi pasar bebas.

AEC sangat bermanfaat bagi Indonesia menyiapkan diri  untuk menghadapi pasar bebas. Kita harus bisa menumbuhkan jiwa saing yang kuat agar dapat berkompetisi di kancah internasional nantinya.  Apapun yang terjadi Indonesia harus siap dalam menghadapi pasar bebas.

(Zaitun Aprianti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>