buy levitra online

Dari Bandung untuk Pemimpin Dunia

(Menilik Arti Konferensi Anak dan Pemuda TUNZA Indonesia)

Ribuan anak dan pemuda dunia berkumpul di Bandung pada 28 September – 1 Oktober silam dalam konferensi anak dan pemuda TUNZA Indonesia. Di tengah perbedaan, mereka duduk bersama mendiskusikan sebuah perubahan dunia yang lebih baik khususnya dalam hal lingkungan hidup. Konferensi yang diprakarsai oleh UNEP, badan PBB di bidang lingkungan bersama dengan Kementrian Lingkungan Hidup RI  ini membuahkan Deklarasi Bandung. Salah satu pernyataan penting dari anak dan pemuda dunia untuk disampaikan di hadapan para pemimpin dunia dalam konferensi lingkungan Rio+20 di Rio de Janiero, Brasil tahun depan.

Acara tersebut dihadiri oleh wakil presiden Republik Indonesia Bapak Boediono yang memberikan sambutan pembukaan. Indonesia sebagai negara yang bertekad mengurangi emisi karbonnya hingga lebih dari 50% pada akhir 2020, nampaknya tengah merealisasikan janjinya melalui kegiatan TUNZA ini. Materi yang dibagikan dalam beberapa sesi dalam acara ini menyoroti upaya-upaya  perubahan yang besar di dunia nanti.

Penulis berkesempatan berdialog dengan Katakaiya, anak 8 tahun beserta ibunya yang datang dari Kanada. Menurut penuturan mereka, hukum di Kanada mewajibkan perusahaan untuk duduk bersama dengan masyarakat lokal guna mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum memperoleh izin dari pemerintah dalam membuka tambang atau penebangan hutan.

Apakah hal semacam ini dapat dilakukan di Indonesia ? penulis yakin hal ini dapat dilakukan, terlebih lagi hal ini tengah dan akan terus dilakukan dengan pendekatan yang beragam di seluruh penjuru Indonesia. Berbagai LSM dari penjuru Indonesia yang hadir di TUNZA cukup meyakinkan penulis akan harapan ini. Berbagai sekolah Adiwiyata yang tergabung dalam Jaringan Peduli Lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup menjadi saksi bahwa lingkungan adalah tema penting dalam pendidikan bagi anak-anak dan pemuda dalam bersuara mengenai masa depannya.

Deklarasi Bandung adalah harapan dari anak dan pemuda Indonesia juga dunia akan adanya komitmen dari para pemimpin dunia di Rio+20 mengenai masa depan mereka yang lebih baik. Dari Bandung anak dan pemuda hendak berkata bahwa mereka pun tahu, bahwa dunia ini adalah milik bersama yang harus dijaga senantiasa. (CM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>