buy levitra online

BEM-UB Gelar Forum Komunikasi, Petinggi Kampus Duduk Bersama

image (1)

Pemandangan cukup langka dan menarik terlihat pada Senin sore (15/12) di ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie. Jajaran petinggi kampus menghadiri Forum Komunikasi dan Sosialisasi yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB).

Sejumlah petinggi kampus mulai dari Rektor, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kepala Biro Bagian Umum dan Rumah Tangga, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, serta Ketua Program Studi dari masing-masing prodi turut hadir dan menyimak berbagai aspirasi yang disampaikan dalam Forum ini.

Seperti yang diungkapkan Kepala Departemen Kesejahteraan Masyarakat BEM-UB, Deris Yusuf Agustian, forum ini dilangsungkan sebagai wadah aspirasi. “Acara ini untuk menindaklanjuti aspirasi mahasiswa yang masuk ke Departemen Kesma dan sebagai media komunikasi mahasiswa dengan pihak kampus,” ujarnya.

Sebelum penyelenggaraan acara ini, selama kurang lebih dua bulan Departemen Kesma telah mengumpulkan aspirasi-aspirasi dari mahasiswa. Kebanyakan aspirasi yang terkumpul berisi kritik dan saran mengenai fasilitas dan pelayanan kampus yang dinilai oleh sebagian besar mahasiswa mulai mengalami penurunan kualitas.

Dipandu oleh Deris sebagai moderator, acara ini diawali dengan penjelasan dari Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. Beliau menjelaskan, “saat ini Universitas Bakrie menempatkan diri untuk mampu bersaing secara global serta menjadi Perguruan Tinggi Swasta unggulan. Salah satunya melalui pembuktian dari lulusan yang mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional terbaik dan juga memperoleh beasiswa di luar negeri.”

Dilanjutkan dengan sesi di mana masing-masing Kabiro diberi kesempatan secara bergantian untuk menanggapi dan memberikan penjelasan yang lebih detail terkait aspirasi yang diperuntukkan bagi mereka. Selain mengenai fasilitas, aspirasi mengenai pembayaran uang kuliah juga menjadi salah satu fokus permasalahan yang diangkat.

Dr. Darminto, MBA selaku Wakil Rektor Bidang Non Akademik mengungkapkan, “bagi mahasiswa yang ingin mengajukan keringanan biaya itu bisa tetapi hanya keringanan beberapa persen saja dan harus diajukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian. Kita memiliki kriteria tertentu untuk pemberian keringanan tersebut.”

Dia pun menambahkan, “saat ini pengadaan beasiswa penuh hanya dikhususkan untuk mahasiswa berprestasi bukan untuk mahasiswa yang kurang mampu, sehingga jika prestasi tidak memenuhi maka beasiswa bisa dicabut.”

Pelaksanaan acara ini mendapat tanggapan positif dari mahasiswa yang hadir, seperti yang dikatakan oleh Ayudya, mahasiswi prodi Teknik Industri. “Bagus acaranya, apalagi yang didatangkan itu memang petinggi kampus dan hebatnya mereka meluangkan waktu. Harapannya bisa ada diskusi antara mahasiswa dan pihak kampus lagi dalam penyelesaian beberapa persoalan. Selain itu juga ke depannya mahasiswa bisa lebih peka untuk menyampaikan aspirasi,” ujarnya.

Hal berbeda diungkapkan oleh Faiz, mahasiswa prodi Akuntansi. “Kalo saya kurang sih karena masalah-masalah yang dibawa kurang serius dan membahas ulang beberapa masalah yang telah dibahas di forum serupa yang diadakan oleh himpunan program studi. Terus seluruh kaprodi yang didatangkan cuma diam jadi terkesan kurang enak aja,” paparnya, “tapi, overall sih keluhan-keluhan yang saya dan teman-teman lain rasakan sudah terjawab. Mungkin kedepannya bisa koordinasi dengan yang sudah mengadakan forum sebelumnya aja.”

Acara ini kemudian ditutup dengan pemberian sosialisasi kepada seluruh mahasiswa agar dapat lebih waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan kampus yang disampaikan oleh Kabiro Administrasi Kemahasiswaan, Sri Pratiwi, M.M. Selain itu, juga diberikan pengarahan mengenai birokrasi baru untuk peminjaman ruangan.

“Hasil akhir atau notulensi dari acara ini kemudian akan disebar ke audiens yang turut hadir. Dan dari pihak BEM akan terus berkoordinasi ke pihak terkait (apabila ada yang harus direalisasikan segera),” ujar Deris saat ditemui tim RITMA usai acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>