buy levitra online

Hal Unik di Media Sosial Selama 2014

Selamat Tahun Baru 2015! Tidak terasa hari-hari di sepanjang tahun 2014 telah dilalui. Dalam kurun waktu 12 bulan kemarin tentu saja ada banyak hal menarik dan unik yang terjadi di media sosial. Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan media sosial di tahun 2014 telah menjamuri semua kalangan. Tim RITMA mencoba mengulas beberapa fenomena menarik dan unik berikut ini.

1. Running

Entah bagaimana mulanya hingga salah satu jenis olahraga ini menjadi salah satu kebiasaan yang paling digandrungi masyarakat kini. Kebanyakan yang melakukan rutinitas ini beralasan, selain ingin lebih sehat, mereka juga ingin menurunkan berat badan. Namun, hal menarik lain dibalik booming-nya kebiasaan ini, yaitu fenomena selfie sebelum atau sesudah running yang kemudian diunggah ke akun media sosialatau mungkin hanya sekadar check-in lokasi lari.

Running

Sumber foto: http://www.runselfierepeat.com/

 

Nampaknya kebiasaanbaru ini juga mempengaruhi trend fashion di masyarakat.  Saat berjalan-jalan di pusat perbelanjaan tentu pemandangan yang wajar terlihat belakangan ini adalah banyaknya orang-orang yang menggunakan sepatu lari. Bervariasinya warna dan model sepatu lari ini membuatnya beralih fungsi sehingga tidak hanya dapat dipakai saat berolahraga, tetapi juga dipakai dalam keseharian.

 

2. Outfit of The Day

Outfit of The Day atau OOTD merupakan salah satu tren yang juga banyak diminati di tahun 2014. Tren ini kebanyakan dilakukan oleh mereka yang aktif diInstagram. OOTDbiasanya dilakukan dengan mengambil gambar seluruh tubuh untuk menampilkan pakaian yang mereka kenakan. Tren ini kemudian menimbulkan gaya hidup baru dimana kebanyakan orang ingin menunjukkan gaya fashion mereka yang selalu up to date.

Sumber foto: http://palingaktual.com/

Sumber foto: http://palingaktual.com/

 

3. Jadi Kamu Putusin Aku Karena…

Hal unik yang marak di media sosial tidak sampai disitu saja, hal lain yang juga kreatif adalah munculnya meme (gambar yang memuat ekspresi menarik) dengan tema “Jadi kamu putusin aku, karena…”

Fenomena ini menyebar dengan cepat karena dinilai konyol dan lucu. Kebanyakan meme ini berisi gambar wanita atau pria yang awalnya cupu kemudian berubah menjadi wanita cantik atau pria ganteng setelah diputuskan pacarnya. Gambar ini seolah ingin membuat sang mantan menyesal telah memutuskan mereka.

Sumber foto: http://www.merdeka.com/

Sumber foto: http://www.merdeka.com/

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

 

4. Sakitnya Tuh Di Sini

Kalimat “Sakitnya tuh di sini” ini belakangan menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat terutama pengguna media sosial. Entah siapa yang memulai munculnya kalimat tersebut, tetapi penggunaan kalimat ini kemudian semakin marak setelah dijadikan sebuah lagu oleh salah satu penyanyi dangdut Indonesia.  Hal ini kemudian mendorong munculnya beberapa meme dengan tema tersebut. Meme yang dibuat pun beragam jenisnya, ada yang berupa curhatan, sindiran, hingga hanya untuk lucu-lucuan.

Sumber foto: http://sidomi.com/

Sumber foto: http://sidomi.com/

Sumber foto: http://sidomi.com/

Sumber foto: http://sidomi.com/

 

5. Garuda di Dadaku VS Salam Dua Jari

Tahun 2014 kemarin tentu saja tidak dapat dipisahkan dengan pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden Indonesia. Pesta demokrasi ini berhasil menyita perhatian seluruh masyarakat. Kampanye yang dilakukan oleh kedua kandidat saat itu juga dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya melalui media sosial. Masing-masing kandidat juga memiliki tagline yang identik dengan diri masing-masing. Pasangan Prabowo-Hatta mengusung garuda di dadaku, sementara pasangan Jokowi-JK mengusung salam dua jari. Kedua tagline itu kemudian sering dinyanyikan oleh pendukung keduanya.

Sumber foto: http://www.kompasiana.com/amilzakat.com

Sumber foto: http://www.kompasiana.com/amilzakat.com

Sumber foto: http://indonesia.faithfreedom.org/

Sumber foto: http://indonesia.faithfreedom.org/

Hal yang menarik di media sosia adalah banyaknya masyarakat yang menyatakan dukungan kepada dua pasang kandidat dengan mengganti foto profil mereka dengan foto berslogan kandidat pilihannya. Foto profil ini popular digunakan mulai dari Facebook, Twitter, Blackberry Messenger (BBM), Path, hingga Instagram. Untuk Pasangan Prabowo-Hatta, slogan yang digunakan adalah “Pilih Satu Karena Saya Cinta Indonesia”. Sementara slogan “I Stand On The Right Side” diusung oleh kandidat Jokowi-JK. Fenomena penggunaan foto profil ini terbukti meningkatkan antusiasme masyarakat untuk mendukung pilihannya. Gambar tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia secara keseluruhan sadar akan kuatnya branding di media sosial.

Sumber foto: http://www.beritaempat.com/

Sumber foto: http://www.beritaempat.com/

 

6. Selfie Makanan

Selfie yang sedang populer belakangan ini adalah selfie yang banyak dilakukan di tempat makan atau sekadar memotret makanannya saja. Kebanyakan mereka yang melakukannya ingin mengabadikan momen di tempat makan tersebut. Alasan lainnya karena mereka ingin merekomendasikan tempat makan tersebut kepada teman mereka melalui media sosial. Selain itu, kebanyakan pula beralasan karena ingin terlihat lebih up to date dalam hal tempat nongkrong yang baru dan cozy dibanding teman-temannya.

Sumber foto: http://www.dhirajmurthy.com/instagram-and-food/

Sumber foto: http://www.dhirajmurthy.com/instagram-and-food/

 

7. Bekasi yang Di-bully

Berbagai media sosial mulai dari Twitter, Instagram, hingga Path ramai memperbincangkan kota Bekasi di penghujung tahun 2014 lalu. Tidak diketahui secara jelas asal mula hingga ramainya perbincangan ini. kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini di-bully karena letaknya yang jauh hingga kurang puasnya masyarakat akan infrastruktur kota.

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

Munculnya meme-meme yang mem-bully Bekasi ini ditanggapi dengan konyol oleh warga Bekasi. Mereka tidak membalas dengan hal yang negatif dan sebagainya, melainkan membuat meme tandingan yang juga lucu. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat semakin kreatif dalam menanggapi berbagai hal.

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

Sumber foto: http://www.kaskus.co.id/

 

8. Jomblo VS Pacaran

Perbincangan mengenai topik ini tentu saja selalu hangat dibahas di berbagai media. Sosial. Pada umumnya pihak jomblo menjadi sisi yang meratapi nasib, sedangkan yang memiliki pacar adalah yang berbahagia. Pada berbagai momen, pembahasan mengenai jomblo sepertinya menjadi hal yang sangat mudahdijadikan bahan banyolan. Seperti saat bulan Ramadhan, kalimat yang populer saat itu “Sudah mau puasa lo masih jomblo? Terus yang ngucapin selamat berbuka puasa siapa? Iklan sirup?”

Terlebih saat akhir tahun lalu, tagline “Bentar lagi 2015, masih aja jomblo?” sangat ramai diunggah di Instagram dan Path.

Sumber foto: http://katagambarku.com/

Sumber foto: http://katagambarku.com/

Sumber foto: http://kalimatkata.com/

Sumber foto: http://kalimatkata.com/

Sumber foto: instagram @dagelan

Sumber foto: instagram @dagelan

Demikian lah beberapa hal unik yang populer di berbagai media sosial selama tahun 2014. Dalam bentuk apapun itu, semoga semua orang menjadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial sehingga media sosial tetap digunakan sebagaimana mestinya dan tentunya tidak merugikan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>