buy levitra online

Mendekatkan New Media pada Mahasiswa Universitas Bakrie

22 Desember 2011, HMILKOM atau Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan VIVAnews mengadakan seminar COMMUNICAREER  untuk mahasiswa Universitas Bakrie 2011. COMMUNICAREER merupakan rangkaian seminar sosialisasi peminatan penjurusan mahasiswa ilmu komunikasi pada semester 3 nanti. Dalam acara yang bertemakan “Konvergensi Media, Wajah Baru Jurnalistik” ini, hadir sejumlah mahasiswa jurusan komunikasi 2010 serta mahasiswa komunikasi 2011 yang akan memilih peminatan nantinya.

Acara yang berlangsung sekitar 2 jam ini membahas era new media serta bagaimana konvergensi media sangat mempengaruhi tata kehidupan masyarakat. “Saat ini telah terjadi perubahan pola perilaku masyarakat dari media cetak menuju media online.”  ujar Suwarjono (managing editor Vivanews) selaku pembicara dalam seminar.

Konvergensi media secara tak langsung telah menciptakan pola kehidupan baru bagi masyarakat, jika pada mulanya masyarakat mendapat informasi dari koran dan majalah, maka pada zaman sekarang ini masyarakat dapat memperoleh informasi dengan lebih fleksibel lagi, melalui televisi, internet dan ponsel. Akhir-akhir ini, yang paling gencar-gencarnya mempengaruhi masyarakat adalah internet.

Fakta membuktikan bahwa Indonesia merupakan pemakai internet 5 besar se Asia serta merupakan pengguna situs jejaring sosial Facebook terbesar kedua setelah Amerika Serikat.
New media berkembang sangat pesat dikarenakan oleh beberapa alasan:
1. Tarifnya semakin murah
2. Jaringan global
3. Teknologi mampu menampilkan semua jenis informasi
4. Bisnis media online mulai tumbuh.

Hal ini mengakibatkan revenue dari layanan telepon serta sms semakin lama semakin berpindah ke media internet, karena internet merupakan ruang dan tempat yang mengandung informasi yang tak terbatas. Menurut Suwarjono, hal dasar yang harus dimiliki seorang jurnalis dalam menghadapi perilaku masyarakat yang dinamis ini adalah memiliki rasa ingin mengantisipasi segala perubahan yang ada seperti isu dan teknologi yang berkembang. Tak lupa, jurnalis harus memiliki kreatifitas tinggi dalam melakukan inovasi, karena media didorong untuk terus meningkatkan daya tariknya. Oleh karena itu, seorang jurnalis dituntut untuk jeli terhadap selera masyarakat, dengan memperhatikan new media yang akan terus berkembang. (cp fitri/lutfhi/itop)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>