buy levitra online

Mengelola APBD Jakarta Baru

Rabu, 9 Mei 2012 Universitas Bakrie (UB) kedatangan kandididat calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau yang lebih dikenal dengan nama Ahok, yang memberikan kuliah terbuka di Universitas Bakrie. Cagub, Joko Widodo seharusnya dijadwalkan hadir juga di UB, namun batal karena ada acara yang lebih penting di Kota Solo.

Antusiuasme mahasiswa UB terlihat sangat tinggi ketika menghadiri acara kuliah umum tersebut. Lewat tema yang diangkat oleh Ahok, “Mengelola APBD Jakarta Baru”, Ahok memberikan penjelasan tentang cara membenahi kota Jakarta yang katanya sangat tidak tertata ini. beliau berkata bahwa walupun APBD Kota Jakarta tidak sebanyak APBD Papua dan Papua Barat, namun SDM Jakarta jauh lebih baik dibandingkan dengan SDM di Papua. Beliau sangat optimis dapat mengelola APBD tersebut dengan baik.

Beliau juga mengatakan bahwa dana APBD cukup untuk asuransi kesehatan, pendidikan gratis, pembaharuan jalan, dan bantuan sosial. “Hanya dibutuhkan niat dan keberanian berhadapan dengan DPRD dan dibirokrasi oleh pengusaha,” ujar beliau meyakinkan. Dana APBD Kota Jakarta berkisar Rp 19 Triliun yang akan direncanakan oleh pasangan Cagub-Cawagub Jokowi dan Ahok dibagi untuk pembangunan MRT (Mass Rapit Transit) selama 3 tahun, penambahan 2000 busway, penanganan banjir Rp 450 milyar, membangun perumahan sebanyak 76 juta unit dana Rp 760 milyar dengan sewa Rp 10.000/ tahun. Rencana beliau juga akan mengalokasikan dana APBD tersebut untuk Kesehatan sebanyak Rp 5 Triliun, pengolahan sampah sebanyak Rp 5 triliun,  memberikan makan gratis bagi 100.000 orang/tahun sebanyak Rp 704 milyar, dan membangun taman lingkungan sebanyak 547/tahun.

Sumber pembiayaan selain dari dana APBD diperoleh dari penghematan pembiayaan, keterlibatan pihak swasta, dan pengurangan biaya-biaya alokasi dana APBD. Beliau juga akan memodernisasi pasar tradisional agar pasar tradisional menjadi primadona masyarakat Jakarta dalam pembelanjaan kebutuhan. “Jika pemodernisasi berhasil, otomatis mall-mall yang di Jakarta akan tersaingi dan seiring berselangnya waktu akan hilang,” cetus beliau dengan semangat. Dari segi kesehatan, beliau akan mengalokasikan dana untuk pembangunan helypad agar dokter tidak terkena macet jika akan berpindah ke rumah sakit  lain. Beliau juga mengharuskan untuk dinas walikota, camat, dan lurah agar dapat mempublikasikan nomer handphonenya.

Langkah konkrit yang akan dilakukan beliau adalah transparansi anggaran agar dapat dikritisi, perbaikan kualitas pelayanan publik, dan perbaikan dalam birokrasi. Pasangan Jokowi-Ahok berjanji akan menata kota Jakarta dengan sebaik mungkin.(hart)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>