buy levitra online

Bangun Pagi? Mudah Kok!

Bangun di pagi hari merupakan hal yang kurang disukai sebagian—bahkan mungkin hampir semua mahasiswa. Tidur belum puas, udara pagi yang dingin membuat malas beranjak dari tempat tidur. Padahal, bangun di lebih awal di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kebugaran tubuh, lho. Masalah utamanya adalah bagaimana supaya kita bisa bangun lebih awal di pagi hari, setiap harinya. Nah, ini nih beberapa kiat yang bisa membantu kita agar lebih mudah bangun pagi!

- Jangan tidur terlalu larut

Biasanya, yang membuat kita merasa sangat mengantuk di pagi hari adalah karena kita kurang tidur. Waktu tidur bagi mahasiswa seperti kita adalah antara 6 hingga 8 jam per hari. Jika kita kurang tidur, alhasil di pagi hari, tubuh kita akan terasa lemas dan mata dihinggapi rasa kantuk. Jadi, untuk menyiasatinya, janganlah tidur terlalu larut. Atur jadwal tidur sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas tidur kita.

- Gunakan alarm

Gunakan alarm untuk membangunkan kita di pagi hari. Bisa alarm dari handphone, jam weker, atau alarm ‘gratis’—adzan Shubuh. Jika menggunakan alarm handphone, atur nada alarm menjadi lagu yang paling kita benci. Jadi, ketika alarm itu berbunyi, kita pasti akan ingin segera mematikan alarm tersebut. Dan, jangan letakkan alarm di samping tempat tidur. Letakkan di jarak sekitar 10 meter dari tempat tidur, sehingga untuk mematikan alarm tersebut, mau tidak mau harus bangun dari tempat tidur!

- Jaga makanan yang dikonsumsi

Di malam hari, usahakan jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein dan makanan pedas. Karena kedua jenis makanan ini akan membuat kita terjaga lebih lama, dan membuat kita terlambat tidur. Jika memungkinkan, minumlah susu di malam hari sebelum tidur, karena susu memberikan efek relaksasi yang membuat tidur lebih nyenyak.

- Aturlah waktu dengan bijak

Kerjakan segala sesuatu sesegera mungkin, agar waktu tidur kita tidak terganggu. Hal ini juga dapat mengurangi tingkat stress yang membuat tidur kita tidak berkualitas dan akan semakin stress serta badmood di pagi hari. Badmood inilah yang membuat kita tidak bersemangat dalam menjalani hari. Jadi,  kerjakan seluruh kewajiban hari ini, siapkan hari esok, dan selalu berusaha untuk bertanggung jawab dengan diri sendiri.

Itu adalah beberapa kiat agar kita dapat bangun lebih awal di pagi hari. Sebenarnya, semua tergantung pada niat dan motivasi yang ada dalam diri kita. Tetap hidupkan semangat dalam diri kita, agar selalu bersemangat untuk bangun pagi dan beraktivitas. Semangat pagi, semangat terus! (Fauziah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>