buy levitra online

Tradisi Bedug Sahur Anti Kesiangan

Bedug Sahur

Bulan yang penuh dengan rahmat dan berkah telah datang menyapa para kaum muslim di seluruh antero jagad raya. Banyak keunikan yang hanya akan kita temui di bulan ramadhan ini seperti sajian berbuka puasa dan serba-serbi puasa lainnya. Selama bulan Ramadhan, jadwal dan rutinitas pun sedikit berbeda. Kita harus bangun dini hari untuk melaksanakan makan sahur, dengan rutinitas baru ini lah muncul tradisi membagunkan sahur.

Tradisi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kesiangan dalam melaksanakan makan sahur. Setiap daerah memiliki kebiasaan ini dengan sebutan yang berbeda-beda seperti di daerah Indramayu disebut sebagai obrok-obrok namun di Jakarta sendiri masyarakat menyabutnya sebagai ngarak bedug atau bedug sahur. Mereka biasanya terdiri dari beberapa orang pemuda yang siap membangunkan para warga untuk segera melaksanakan makan sahur.

Seperti di daerah Pamulang, Tangerang Selatan dengan penuh semangat para pemuda ini siap membangunkan para warga, bermodalkan bedug mini, dan peralatan lainnya ini sangat membantu warga dan terhindar dari istilah “kesiangan” . “Ya walaupun masih sedikit mengantuk tapi selama bermanfaat buat orang banyak kenapa nggak,” ujar Fuad (22). Hal positif juga diungkapkan oleh salah satu warga, Ridwan mengungkapkan bahwa Ia merasa tertolong sekali dengan adanya tim bedug sahur ini karena dapat menolongnya dari kesiangan makan sahur.

Tradisi ini dahulu sering sekali dijadikan ajang perlombaan namun seiring perkembangan zaman perlombaaan ini sudah mulai luntur dari masyarakat. Kebiasaan unik ini harus tetap di pertahankan dan dilestarikan apalagi kebiasaan ini hanya ada di bulan Ramadhan saja. Lalu bagaimana tradisi membangunkan sahur di tempat anda. (Tia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>