buy levitra online

Pisang Ijo, Alternatif Pilihan Menu Ta’jil

Pisang Ijo

 

Bulan Ramadhan identik dengan ta’jil. Ya sebutan untuk makanan buka puasa penghilang rasa lapar dan dahaga juga menjadi perhatian yang besar di bulan penuh berkah ini. Ta’jil sebenarnya bermakna penolong, kasih sayang, persahabatan, toleransi dan perikemanusiaan. Kue kecil, kurma bahkan air mineral sudah bisa disebut ta’jil. Di negara-negara dengan penduduk Islam mayoritas kegiatan menyiapkan ta’jil pasti ada.

Kolak, biji salak, pacar cina dan sebagainya mungkin sudah dikenal dengan luas di masyarakat pada umumnya. Bagaimana dengan penganan asli Makassar yang satu ini, Pisang Ijo.

Penganan yang berbahan dasar pisang ambon ini sangat pas menjadi pilihan kita di bulan Ramadhan. Pisang yang dibungkus dengan adonan terigu berwarna hijau merupakan ciri khas-nya. Dilengkapi dengan fla berwarna putih dari susu dan santan kelapa dan tak lupa sirup berwarna merah menambah kesan manis makanan ini.

Satu hal yang unik dari makanan ini adalah sirupnya, sirup berwarna merah yang merupakan hasil fermentasi pisang ambon ini sangat sulit dijumpai di kota-kota lain selain Kota Makassar. Pabriknya pun hanya ada di Makassar. Sebagai alternatif kadang orang-orang menggantinya dengan sirup cocopandan atau frambozen.

Karena melihat peluang yang besar, sekarang telah banyak UMKM yang mengembangkan bisnis pisang ijo ini bahkan sampai ada franchise-nya. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke kota asalnya untuk sekedar mendapatkan pisang dengan balutan adonan berwarna hijau ini .

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba pisang ijo ? (Anindita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>