buy levitra online

Muhasabah Sebagai Penutup Kegiatan Pesantren Ramadhan Di Kota Padang

Muhasabah

Muhasabah (doc. RITMA UKMA Jurnalistik Universitas Bakrie Jakarta)

PADANG, 13/7/2012. Sebagaimana yang telah menjadi ketetapan Pemko Padang, pada bulan Ramadhan seluruh kegiatan sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dipindahkan ke Mesjid dan Mushalla di sekitar tempat tinggal siswa. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas siswa di Kota Padang selama sembilan tahun belakangan ini. D tahun ke tahun, kegiatan ini  tetap diakhiri dengan acara muhasabah di tiap-tiap mesjid maupun mushalla di Kota Padang. Kegiatan Muhasabah ini bertujuan untuk mengintrospeksi kesalahan yang telah diperbuat selama ini, khususnya kepada Allah S.W.T dan kepada orang tua.

“Setiap dimuhasabah yang teringat pastilah kesalahan-kesalahan kepada orang tua dan saya selalu merasa sedih. Ketika selesai muhasabah, saya selalu meminta maaf kepada orang tua karena orang tua diwajibkan juga untuk turut ikut serta dalam kegiatan muhasabah tersebut,” Tutur Riska Ananda P. salah satu santri SD.

Namun, acara yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini sebenarnya dianggap masih kurang efektif bagi santri guna mengoreksi kesalahan mereka. “Setelah muhasabah,  merekapun kembali melakukan kesalahan-kesalahan yang telah mereka perbuat sebelumnya, seperti melawan kepada orang tua mulai dari kesalahn kecil seperti menolak jika diminta pertolongan hingga kesalahan terbesar sekalipun. Jadi, jika tujuannya untuk mengoreksi kesalahan saja saya rasa kegiatan ini masih dianggap kurang memuaskan,” Ujar Erna selaku ketua pelaksana pesantren ramdhan Mushalla Al-iman. (fajriani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>