buy levitra online

Mudik Lebaran, Fly Over Kelok Sembilan Dibuka

Jalur Mudik Kelok Sembilan

Jalur Mudik Kelok Sembilan (doc http://www.medanbisnisdaily.com)

Kelok Sembilan merupakan jalur penghubung antara Sumatra Barat dengan Riau yang selalu padat lalu lintas kendaraan di setiap harinya. Terutama saat hari-hari besar jalur ini rawan kemacetan, seperti pada hari libur nasional, Lebaran dan Natal. Oleh sebab itu, untuk mencegah kemacetan tersebut maka Pemerintah Sumbar membuat Mega Proyek yaitu pembuatan Fly over kelok Sembilan dan proyek pembangunan fly over tersebut sudah dimulai sejak tahun 2003.

Dalam rangka hari raya lebaran, walaupun fly over kelok Sembilan tersebut belum selesai 100 persen, pemerintah Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman Sumbar pun segera meresmikan pengoperasian fly over kelok Sembilan oleh Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman Sumbar dan langsung dibuka untuk dipergunakan. Tapi karena fly over ini belum selesai 100 persen, oleh sebab itu fly over ini masih dibuka untuk satu jalur (one-way) sekaligus hal ini dilakukan untuk uji coba. Jalur satu arah tersebut merupakan jalur dari Riau ke Sumatra Barat, sedangkan jalur untuk dari Sumbar ke Riau masih mempergunakan jalur kelok Sembilan yang sebenarnya, yang mempunyai Sembilan kelokan tajam yaitu yang dibuat saat penjajahan belanda.

Pengoperasian fly over kelok Sembilan ini sangat terasa manfaatnya oleh para pengguna jalur tersebut. Pada tanggal 21 Agustus 2012, tepatnya hari ke-2 Lebaran terlihat walaupun jalur tersebut padat kendaraan, tetapi tidak terjadi kemacetan. “Setelah adanya fly over ini benar-benar berubah total suasana jalanan di jalur ini karena biasanya kalau lagi liburan gini pasti selalu macet di sini,” komentar Pak Rul salah satu pengguna jalur ini yang berasal dari Riau. (tiska)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>